Peluang Bisnis Barang Bekas Yang Sangat Menggiurkan

Setiap barang apa pun suatu saat akan menjadi barang bekas. Bahkan di saat kita membeli baru harganya mahal namun ketika telah digunakan maka ia akan menjadi barang bekas statusnya. Kemudian pada waktu yang lama nanti akhirnya barang tersebut sudah tidak digunakan lagi karena berbagai sebab. Bisa karena barang tersebut sudah rusak, sudah tidak bisa digunakan lagi, adanya produk sejenis yang lebih bagus atau bisa juga karena barang tersebut pemakainya sudah bosan. Bahkan mungkin ada sebab yang lainnya selain itu.

Dari setiap barang bekas yang ada, ternyata ada peluang bisnis yang bisa kita ambil. Bahkan sebagian orang menyebut bahwa bisnis barang bekas ini prospeknya sangat cerah. Jumlah keuntungan yang dihasilkan begitu besar dari bisnis ini. Memang banyak kreasi untuk bisnis barang bekas yang bisa kita praktekkan. Kesemuanya memiliki prospek yang bagus untuk diambil. Berikut ini beberapa kreasi bisnis barang bekas yang bisa kita ambil.

  1. Daur ulang plastik
    Kita mengumpulkan barang-barang bekas dari bahan berupa plastik. Saat ini begitu banyak produk yang makanan, minuman, dan lainnya yang menggunakan plastik sebagai kemasannya. Barang tersebut kemudian bisa didaur ulang lagi menjadi barang yang bernilai jual. Pada kenyataannya, plastik yang kita kumpulkan itu bisa dibuat menjadi tas, dompet, aksesoris, dan beberapa barang lainnya.
  2. Kardus
    Setiap barang baru biasanya dibungkus dengan kardus. Setelah seorang membeli barang maka kardus tersebut dibuang saja karena yang digunakan adalah barang di dalam kardusnya. Misalnya ketika kita membeli sepatu, make up, televisi, kulkas, laptop, pigura, mainan anak-anak, handphone, dan lain-lain biasanya ada kardusnya. Kardus bekas seperti ini ternyata memiliki nilai ekonomi tersendiri. Bila kita kreatif maka kardus bisa berdaya guna lagi untuk membuat barang baru yang lain. Namun, bila kita cukup kumpulkan saja maka akan laku pula untuk dijual.
  3. Kayu bekas
    Kayu bekas yang dilihat seolah tidak berguna namun sebetulnya punya nilai ekonomis yang tinggi. Kayu bekas masih bisa dibuat berbagai barang yang bermanfaat. Barang tersebut kalau dijual masih laku di pasaran. Kreasi dari bahan kayu bekas sangatlah banyak. Tinggal kreativitas masing-masing bagaimana membuatnya. Tetapi sebelum itu, kita sebaiknya melakukan pemilahan untuk jenis-jenis kayu bekas yang akan kita gunakan. Kita tahu ada beragam jenis kayu dari yang harganya mahal hingga yang murah. Misalnya saja ada kayu jati, sengon, meranti, mahoni, akasia, sonokeling, randu, dan lain-lain. Setiap jenis kayu memiliki kecocokan sebagai apa kayu tersebut pantasnya digunakan.
  4. Sebagai pengepul barang bekas
    Barang bekas apa pun yang dikumpulkan oleh kita maka selalu ada manfaatnya. Dari yang sederhana hingga barang yang memiliki nilai tinggi. Bisnis ini modelnya dengan kita membeli barang bekas dari orang lain kemudian kita kumpulkan di penampungan yang kita sediakan. Untuk selanjutnya kita pisahkan dan seleksi barang bekas mana yang akan kita jual selanjutnya. Misalnya saja untuk koran dan kertas kita jadikan satu, barang yang berupa besi dijadikan satu, barang bekas berupa plastik dijadikan satu, barang bekas yang berupa botol minuman atau syrup kita jadikan satu, dan hal dilakukan untuk aneka barang bekas lainnya.

Dari beberapa jenis model menjual barang bekas tersebut kita tinggal memilih mana yang paling sesuai dan mampu kita kerjakan. Umumnya memang bisnis barang bekas model pengepul inilah yang paling mudah dijalankan. Mengenai modalnya berapa semuanya tidak jauh berbeda. Modal berapa pun yang kita miliki kita bisa memulai usaha ini. Tinggal kita memulai dengan tekad untuk sukses menjalankan bisnis barang bekas yang akan kita geluti.