Mengenal Jenis Printer Untuk Kantor

Printer kini sudah bukan barang yang asing lagi. Apalagi bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia perkantoran. Mereka yang bekerja di kantor entah itu instansi pemerintahan atau swasta semuanya menggunakan mesin printer. Satu jenis perangkat keras yang paling penting bagi siapa saja yang bekerja di kantor. Keberadaanya dulu belum ada yang bisa menggantikan. Dahulu, para pekerja kantor memakai mesin ketik manual untuk menulis dan sebagainya. Pekerjaan membuat surat dinas misalnya dilakukan dengan mengetik secara manual. Mesin ketik dulu menjadi hal yang wajib bagi sebuah kantor. Mesin tersebut tidak menggunakan listrik.

Berbeda dengan saat ini. Adanya mesin printer telah menggeser keberadaan mesin ketik. Segala pekerjaan membuat surat dan ketik mengetik kini menggunakan komputer. Untuk mencetak hasil ketikan kita maka digunakanlah mesin printer. Yang bisa dicetak dengan printer kini bukan hanya tulisan saja. Berbagai macam bentuk gambar yang dibuat di komputer atau laptop pun bisa dicetak dengan printer. Alat ini sangatlah serbaguna.

Printer memiliki berbagai jenis. Khususnya untuk kebutuhan kantor. Masing-masing jenis printer memiliki keunggulan. Kita sendirilah yang hendaknya memilih mana yang hendak digunakan. Tentu saja semuanya disesuaikan dengan kebutuhan kantor tempat kita bekerja. Baiklah, kali ini kita akan mengulas beberapa jenis printer untuk kebutuhan kantor.

  1. Printer Ink Jet
    Printer jenis ink jet sangat banyak di pasaran. Kami sendiri masih menggunakannya di rumah. Printer jenis ini sering juga disebut print desk jet atau buble jet. Printer ink jet memiliki ciri khas menggunakan tinta cair untuk mencetak. Ketika kita mencetak dokumen dengan printer ini maka tidak begitu berisik suaranya. Agak halus saja suaranya. Enak di dengar dan tidak bising. Cartridge bekerja dengan menyemprotkan tinta ke kertas ketika mencetak file. Tentu saja disesuaikan dengan karakter yang diinginkan untuk dicetak. Printer jenis ink jet bisa dibilang paling banyak terdapat di pasaran. Penggunanya jumlahnya banyak sekali. Harga dari printer jenis ink jet memang relatif lebih murah dibanding jenis lainnya. Meskipun ada juga sebuah produk jenis printer ink jet yang harganya amat mahal. Perawatan dari jenis printer ini juga sangatlah mudah. Tidaklah sulit dilakukan meski oleh para user atau pengguna yang masih baru mengenal printer sekalipun. Ketika tinta printer habis maka tinggal kita isi ulang saja. Alat untuk mengisi tinta mirip dengan suntik. Tinta kemudian disuntikkan ke cartridge. Mengenai tintanya bisa kita beli di berbagai toko alat komputer. Bahkan kini di tempat jual alat tulis kantor dan foto copy pun juga menjualnya. Harga dari tinta isi ulang ini juga amat terjangkau. Di pasaran merk printer ink jet yang sering kita jumpai antara lain: canon, epson, hp, dan brother. Beberapa jenis printer ink jet sudah menggunakan tabung isi ulang sehingga pengisian tintanya atau refillnya lebih mudah yakni tinggal menuangkannya saja.
  2. Printer dot matrix
    Printer ini dikenal sejak dahulu. Sebelum era printer ink jet maka jenis printer ini yang banyak dipakai di perkantoran. Bentuk hasil tulisannya berupa titik-titik yang saling berhubungan sehingga dapat membentuk tulisan maupun gambar. Jenis printer ini menggunakan pita untuk mencetaknya. Mirip dengan mesin ketik manual zaman dahulu. Satu huruf biasanya dicetak memakai kombinasi 9 titik. Untuk bisa mencetak lebih dari satu lembar maka tinggal memberi karbon saja.
  3. Printer laser jet
    Jenis printer ini merupakan paling baru. Teknologinya dikenal paling baru diantara jenis lainnya. Banyak orang yang lebih memilih jenis printer laser ini karena memiliki kecepatan yang luar biasa. Untuk mencetak seratus lembar tidak memerlukan waktu yang lama. Mesin printer ini pun begitu bandel tidak mudah macet. Cartridge dari printer laser begitu awet. Hasil cetakannya pun akan terlihat tajam dan jelas. Mirip dengan ketika kita melihat hasil dari dokumen yang difoto copy. Ketika hasil print-printnan terkena sedikit air maka tulisannya tidak akan mudah luntur. Untuk kebutuhan perkantoran, jenis printer ini amat cocok.
  4. Thermal printer
    Bila anda berbelanja di sebuah supermarket atau mall maka anda akan mendapatkan nota pembayaran dari kasir. Demikian pula saat anda mengambil uang di ATM maka anda pun akan mendapatkan print-printnan informasi saldo dari rekening. Hasil print-printnan yang kita dapatkan itu merupakan hasil dari jenis thermal printer. Hasil tulisannya agak berbeda dibandingkan dengan memakai printer jenis laser, ink jet, atau pun dot matrix. Printer model ini tidak mengeluarkan suara sehingga tidak bising. Cara kerjanya dengan menggunakan suhu yang panas. Untuk kertasnya pun juga khusus yang cirinya licin pada permukannya serta berbentuk roll. Mengenai kecepatannya tidak kalah dengan jenis printer laser. Masih banyak lagi tempat yang mempergunakan model jenis print ini. Misalnya saja di SPBU, mesin antrian, dan di berbagai toko.

Kita bisa menggunakan jenis printer mana yang akan dipilih. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Beberapa printer malahan sudah ada fasilitas untuk copy dokumen. Tentu ini akan sangat memudahkan pekerjaan kita.