Bisnis Bengkel Sepeda Motor Yang Selalu Eksis

Sepeda motor sekarang sudah menjadi kendaraan yang tidak asing di semua lapisan masyarakat. Kini hampir setiap rumah sudah memilikinya. Bahkan dalam satu rumah tidak jarang terdapat lebih dari satu motor. Kalau ada empat orang di dalam rumah maka sangat biasa ada empat motor pula di rumah tersebut. Satu milik atau dipakai bapak, satu milik atau dipakai ibu, dan yang dua motor dipakai untuk kedua anaknya. Dalam satu rumah saja sudah empat sepeda motor. Belum lagi dalam sebuah kampung atau perumahan. Bisa dihitung sendiri betapa besar jumlah sepeda motor yang ada di masyarakat.

Bisnis Bengkel Sepeda Motor

Dari jumlah sepeda motor yang banyak itu jenisnya pun beraneka ragam pula. Dari segi baru atau tidak maka baik yang masih baru atau bekas jumlahnya tidak terpaut jauh. Ada seorang teman yang bercerita kepada kami untuk saat ini agak sulit untuk menjual motor bekas. Cerita ini menandakan bahwa tingkat penjualan motor baru berarti tinggi di negeri kita. Berapa ratus atau ribu motor baru dijual di negara ktia? Bisa kita cek sendiri di dealer-dealer penjualan sepeda motor di dekat tempat tinggal anda. Apalagi pada beberapa merek motor tertentu yang menjadi idola masyarakat khususnya kaum muda milenial. Laris manis bak kacang goreng. Pembelian secara kredit pada umumnya dipilih banyak orang. Inilah salah satu faktor mudahnya orang untuk memiliki sepeda motor baru meskipun hanya dengan sedikit uang.

Bisa dibayangkan betapa besarnya jumlah sepeda motor itu. Perlu kita pahami bersama bahwa adanya sepeda motor ini memang mempermudah urusan atau aktivitas masyarakat pada umumnya. Misalnya saja ketika seseorang harus bekerja dengan jarak dari tempat tinggalnya lumayan jauh. Maka ia mesti memiliki alat transportasi untuk menuju ke tempat kerja setiap hari. Seorang pegawai atau karyawan banyak yang kehidupan pekerjaannya seperti ini. Kalau menggunakan bus umum kadang sulit untuk memprediksi ketepata waktunya. Dari mencari kendaraan mau naik sampai tibanya di lokasi tujuan sulit diperkirakan. Belum lagi kalau terjadi kemacetan di jalan. Semakin lama waktu perjalanan yang dihabiskan. Berbeda ketika seseorang menggunakan sepeda motor. Ia lebih mudah mengatur waktu dalam perjalanannya. Termasuk pula mudah untuk menghindari kemacetan yang parah. Ia bisa dengan mudah mencari jalan yang sempit di sela-sela mobil yang sedang menghadapi situasi kemacetan. Waktu di perjalanan pun semakin singkat dan tak terlalu melelahkan.

Di pelosok desa pun sepeda motor semakin digemari. Mereka yang mau bepergian entah bekerja ke ladang atau sawah dan aktivitas lainnya seperti menjenguk orang sakit, bersilaturahmi, menghadiri undangan pernikahan, dan lainnya lebih memilih menggunakan sepeda motor. Lebih praktis dan biaya transportasinya jauh lebih murah. Ketika harus melewati kondisi jalan yang mendaki atau tak halus tetap bisa berjalan dengan baik. Masih banyak keuntungan lainnya dari menggunakan sepeda motor ini. Jadi, sepeda motor kini sudah menjadi barang ‘wajib’ bagi para pekerja dan anggota keluarga.

Sepeda motor yang dipakai tentu akan mengalami penyusutan barang dan juga kerusakan. Meski terbilan awet tetapi sebuah kondisi yang normal bila suatu ketika sepeda motor itu rusak dan perlu diganti spare partnya. Sepeda motor perlu diganti oli mesinnya secara berkala. Sesuai dengan batas jarak tertentu yang ditetapkan perusahaan yang memproduksinya. Busi, ban, dan sebagainya tetap perlu penggantian. Di samping itu, kerusakan yang tidak disengaja atau diprediksi pun kadang terjadi. Belum lagi servis rutin pun mesti ditaati jadwalnya supaya sepeda motor tetap nyaman dan aman dipakai. Jumlah sepeda motor yang banyak mesti harus diikuti jumlah bengkel yang sepadan pula. Dari sini timbullah peluang bisnis bengkel sepeda motor yang selalu eksis. Teman-teman yang bisa melihat kondisi seperti ini tentu akan sangat tertarik dengan membuka bengkel sepeda motor. Persoalannya ada pada diri kita masing-masing. Maukah untuk menghujamkan semangat untuk menjalankan bisnis sepeda motor ini. Sampai di sini mengenai masalah teknis dalam perbengkelan bisa dipelajari. Tetapi aksi atau tindakan nyata untuk mau membuka bengkel sepeda motor profesional sangatlah dinanti. Demikian semoga artikel ini memberi kemanfaatan buat semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *